Kamis, 30 April 2015

TUGAS PKN PERTAMA


PELANGGARAN TERHADAP HAK WNI DAN PENDAPAT SAYA DAN KONTRIBUSI SAYA SEBAGAI WNI DALAM MEMBANGUN BANGSA DAN NEGARA

Pendapat saya itu kan Indonesia menganut paham kekeluargan yang  tidak memperbolehkan diskriminasi dalam bentuk apapun, Kita tidak mempertentangkan antara mayoritas dan minoritas. Yang kita inginkan adalah kerukunan, keserasian, keselarasan dan keseimbangan. Memang dalam suatu masyarakat akan dapat terjadi bentrokan dalam kehidupan yang berkembang, namun kita tidak dapat membiarkan konflik itu  timbul dan berkembang tanpa terkendali. Kita usahakan penyelesaiannya dengan memperhatikan aspirasi dan kepentingans semua pihak, tanpa ada yang merasa  menang atau merasa kalah, dan tidak ada yang merasa dimenangkan dan dikalahkan .
Pelanggaran-pelanggaran Hak Warga Negara di Indonesia selama ini, dan sulitnya melakukan penyelesaian disebabkan karena kurangnya peraturan perundang-undangan yang memberikan jaminan dan petunjuk dalam penyelesaiannya Pembentukan lembaga yang mengurus Hak Warga Negara dan pelanggarannya juga merupakan upaya yang memberikan perlindungan terhadap hak asasi manusia. Lembaga-lembaga tersebut diantaranya KOMNAS HAM yang terbentuk di berbagai daerah, LSM dan sebagainya. Lembaga-lembaga ini berupaya mensosialisasikan peraturan-peraturan tentang HAM juga menerima pengaduan-pengaduan pelanggaran HAM dan Hak Warga Negara dan meneruskan kepada lembaga yang berwenang untuk memprosesnya. Upaya yang dilakukan selama ini terkendala oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya perangkat hukum, kurangnya bukti-bukti yang lengkap dan keterbatasan penegak hukum. Oleh karena itu bila telah terjadi pelanggaran hak asasi manusia ataupun hak warga negara maka secepatnyalah hal ini dilaporkan kepada yang berwenang .

Sebagai Warga Negara Indonesia saya merasa sangat bangga karena terlahir di negara yang kaya akan segalanya. Negara yang melimpah sumberdaya alamnya, baik di lautan dan di daratan, tapi di balik semua kebanggaan saya ada rasa prihatin terhadap negeri tercinta ini. iya bagaimana tidak negeri kita ini terkenal dengan kasus korupsinya,terkenal sebagai salah satu negara pengguna narkoba terbesar, produsen rokok terbanyak,dan Negara yang sampai saat ini masih terlilit hutang.
Jika di pikir- pikir bagaimana bisa semua itu terjadi dengan kekayaan Alam yang begitu melimpah di Negara kita ini, selain itu keperihatinan yang sangat di sayangi adalah dengan keadaan pemerintahan kita ini, banyak janji-janji belaka yang di umbar-umbarkan para calon wakil rakyat tapi kenyataannya setelah terpilih menjadi wakil rakyat, semua janji-janji yang telah di umbar-umbarkan itu bagaikan angin lalu. Buktinya masih banyak kasus kemiskinan di Negara kita ini, masih banyak anak-anak yang putus sekolah bahkan tidak mempunyai pendidikan karena perekonomian yang lemah.
Selanjutnya keadaan Negara kita ini yang banyak hutang, padahal pada dasarnya dengan banyaknya tambang emas,minyak dan hasil alam lainnya tidak akan pernah terlilit hutang, tapi yah bisa kita lihat para pemimpin yang tidak bertanggung jawab menyebabkan para rakyat kecilpun mejadi korban.
Di negeri kita yang subur ini pula masih sering di temukan anak anak yang menderita gizi buruk,
Sangat memperihatinkan, seharusnya yang perlu kita pikirkan saat ini adalah bagaimana cara kita mengatasi masalah negeri kita ini, khususnya bagi para petinggi Negara, bukan hanya memperhatikan mobil atau fasilitas dinas yang mereka dapatkan, seharusnya yang mereka harus utamakan saat ini adalah bagaimana cara memakmurkan kesejahteraan rakyatnya.
Tapi bagaimanapun itu kebanggaan sebagai warga Negara Indonesia tetaplah ada.
Semoga saja permasalahan negeri kita ini cepat teratasi,sehingga menjadi negeri yang aman ,tentram,dan damai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar